Apakah ITIL (Information Technology Infrastructure Library) itu?

Saat ini, kita ketahui bahwa dunia bisnis dan teknologi terkait erat. Agar tetap kompetitif, perusahaan harus mampu mengembangkan tujuan korporat dan kapabilitas TI, tidak peduli seberapa berat atau susahnya proses ini.

Secara alami, perubahan semacam ini tidak dapat dimulai dari nol. Pengembangan layanan TI harus didorong oleh kesadaran akan proses saat ini dan praktik manajemen dalam suatu organisasi. Tanpa hal tersebut, proses IT Service Management (ITSM) pasti akan membuang waktu, uang, dan tenaga, memberi pesaing kesempatan untuk menarik pelanggan dengan penawaran yang lebih efisien.

'Information Technology Infrastructure Library (ITIL)' adalah serangkaian praktik ITSM yang digunakan oleh beberapa organisasi besar di dunia, termasuk HSBC, IBM, dan bahkan NASA. Awalnya dirilis sebagai serangkaian buku, ITIL dirancang untuk menstandarkan prosedur manajemen TI yang baik, membantu bisnis menghindari masalah yang paling umum untuk memberikan layanan dengan kualitas terbaik.

Terbagi dalam beberapa level dan modul, ITIL mencakup semuanya mulai dari strategi layanan hingga peningkatan berkelanjutan, memungkinkan praktisi tidak hanya menyesuaikan infrastruktur layanan TI, tetapi juga mempersiapkan perubahan lebih lanjut di masa mendatang. Ini dapat membantu mendorong produktivitas yang berkelanjutan untuk bisnis dan menciptakan pengalaman yang lebih baik dan lebih konsisten bagi pelanggan.

Sejak akhir 1980-an, praktik ITIL telah menjadi sangat terkenal, dengan puluhan ribu praktisi mendapatkan sertifikasi di seluruh dunia. Sekarang dimiliki oleh AXELOS, perusahaan patungan yang didirikan pada tahun 2013.

Jadi Apa Sebenarnya ITIL Itu?

'Information Technology Infrastructure Library (ITIL)' adalah seperangkat praktik terbaik untuk membuat dan meningkatkan proses ITSM. Ini dirancang untuk membantu bisnis mengelola risiko, memperkuat hubungan pelanggan, menetapkan praktik hemat biaya, dan membangun lingkungan TI yang stabil untuk pertumbuhan, perkembangan, dan perubahan. Singkatnya, Praktisi ITIL adalah ahli dalam hal untuk terus membentuk proses pengembangan layanan TI.

Kekuatan utama ITIL adalah keserbagunaannya. Praktiknya dapat diskalakan dan fleksibel, memungkinkan organisasi untuk melakukan sebanyak atau sesedikit yang mereka suka. ITIL bahkan dapat diadaptasi untuk bekerja dalam hubungannya dengan praktik lain, termasuk COBIT, Six Sigma, dan TOGAF.

Satu hal penting yang harus diingat adalah bahwa ITIL tidak dibangun di sekitar model bisnis tertentu. Sebaliknya, ini didasarkan pada pengalaman kolektif profesional TI. Ini telah diterapkan di berbagai industri, terutama dibantu oleh fakta bahwa hampir setiap industri di dunia sekarang bergantung pada TI dalam satu bentuk atau lainnya.

Jadi, apa ITIL itu? Ini adalah serangkaian proses untuk menyempurnakan dan meningkatkan siklus hidup layanan TI. Ini membantu meningkatkan kapabilitas organisasi, proses, dan orang-orang, memastikan bahwa ketika perubahan pada teknologi atau praktik bisnis membuat mereka rentan, mereka dapat beradaptasi dengan cepat dan tetap berada di puncak persaingan.

Lapis Aspal Beton (laston)

Lapis Aspal beton adalah beton aspal yang  bergradasi menerus, lapis aspal beton (laston) juga sering disebutl dengan AC (Asphal Concrete), ...